JENIS DAN UKURAN SCREEN SABLON


Dalam sablon manual kain saring (screen) tidak dapat di pisahkan, sebagai alat untuk menyalurkan tinta pada media sablon untuk menghsailkan hasil sablon/gambar yang di inginkan. Kain saring  yang di gunakan dalam sablon menyablon biasanya di tarik atau di regangkan(stretching) mengunakan bingkai kayu atau alumunium, hingga menyerupai alat untuk menyaring yang pada umumnya berbentuk persegi atau persegi panjang, inilah yang di sebut screen sablon. Hasil sablon yang berkualitas sangat di tentukan oleh pemilihan jenis screen untuk tinta yang tapat, oleh karena itu pemilihan screen sangat penting sebelum memulai proses menyablon.
Salah satu yang paling penting yaitu pemilihan screen yang cocok dengan tinta yang akan di gunakan, dan media apa yang akan di sablon, serta keawetan dan ketajaman hasil sablonnya. Untuk memilih screen yang tepat alangkah baiknya mengenali jenis dan karakteristik kain screen.
Kain screen pada umumnya terbuat dari nylon dan polyester, bahan screen dari nylon biasanya elastis dan cocok untuk menyablon dan media yang tidak rata. Jenis yang banyak di gunakan antara lain monyl, nytal, dan nybolt, pada umumnya screen sablon di kenal dengan kain monyl karna saking famliarnya dengan jenis kain monyl. Selain jenis kain perhatikan pula ketebalan benang (mesh) yang di nyatakan dalam jumlah benang per centimeter.  Tebal benang ini di nyatakan dalam beberapa tipe, antara lain:
  1. Tipe HD merupakan tipe yang tebal dan berat
  2. Tipe T merupakan tipe berat/berat
  3. Tipe H memiliki ketebalan medium
  4. Tipe S memiliki ketebalan yang tipis /ringan

Misalkan contoh tipe T61 yang berarti screen yang tebal dengan benang  61 helai per centimeter. Mesh dengan nomor yang rendah biasanya memiliki pori-pori atau lubang yang relative kasar dan besar, cocokm di gunakan untuk menyablon kaos.  Dan Mesh dengan nomor yang tinggi memillik pori-pori atau lubang yang rapat dan halus cocok untuk menyablon plastic dan kertas.
Di bawah ini ada tipe mesh screen sablon yang sering kali di pakai:
  • T25, T30, T36, T40 (screen sablon ini biasanya di gunakan untuk sablon handuk)
  • T48, T54, T61, T77 (di gunakan untuk sablon kain atau kaos)
  • T90, T120 (Untuk sablon kayu, poster dan kertas)
  • T150, T165, T200 (untuk sablon plastic, mika, kertas dan stiker)

Oke, sampai di sini dulu pembahasan tentang screen sablon manual, di postingan berikutnya saya akan membuat cara afdruk film sablon, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.